Pasific Pos.com
Papua Selatan

APIP Miliki Peran Strategis

MERAUKE,ARAFURA,- Pjs Gubernur Papua, Sudarmo mengatakan di dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) memiliki peran yang strategis yakni melakukan tugas pengawasan serta memantau tindak hasil pemeriksaan dan pengawasan.

Karena itu, diperlukan komitmen kepala daerah dengan memberdayakan APIPnya agar menjadi motor dalam pengendalian internal pemerintah yang baik di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.

“APIP dan aparatur pemerintah daerah (juga) dapat mencegah terjadinya tindakan korupsi,”ujar Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Kabupaten Merauke, Drs. Daniel Pauta pada kegiatan rapat pemutakhiran data tindak lanjut hasil pemeriksaan Inspektorat Provinsi Papua dan kabupaten/kota se Provinsi Papua Tahun 2018 di Swiss-Belhotel Merauke, Rabu (4/7).

Dikatakan, komitmen kepala daerah ini diharapkan sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019 yang sangat memberikan perhatian terhadap peningkatan kapabilitas APIP. Untuk mengembangkan kompetensi APIP nya, Pemda harus mengoptimalkan pendidikan dan pelatihan.

Sementara itu, Gubernur juga mengingatkan kepada inspektur provinsi dan kabupaten/kota untuk bisa menterjemahkan bentuk-bentuk koordinasi APIP dan aparat penegak hukum dalam peta pengawasan. Seperti, peningkatkan pemahaman APIP terkait dasar-dasar hukum pidana dan ilmu hukum administrasi.

Kemudian, perlu dilakukan penambahan jumlah pemeriksaan khusus dalam rangka penanganan pengaduan masyarakat serta rapat APIP bersama kepolisian dan Kejaksaan di daerah masing-masing secara periodik.