Pasific Pos.com
Headline Papua Barat

Antisipasi Terjadinya Korsleting Listrik, Rutan Manokwari Gandeng PLN Cek Instalasi Listrik

Petugas listrik PLN sedang mengecek kondisi kelistrikan di Rutan Manokwari.

Manokwari – Cegah terjadinya arus pendek dan korsleting listrik, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Manokwari gandeng PT PLN Unit Pelaksana Pelayanaan Pelanggan (UP3) Manowkari untuk melakukan pengecekan dan konsultasi instalasi listrik pada setiap titik-titik rawan di Rutan Manokwari, Rabu (06/10/2021).

Kepala Rutan Kelas IIB Manowkari, Yulius Paath menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari intruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan dalam menyikapi musibah kebakaran yang menimpa Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang yang menewaskan 44 orang Warga Binaan.

Manager Bagian Jaringan, Arvy Tryudha melakukan pengecekan instalasi listrik di sektor-sektor yang dianggap rawan dapat menyebabkan arus pendek.

“Dalam rangka peringatan hari pelanggan nasional, kami full tim berkunjung Pak Karutan, silakan dikonsultasikan apapun terkait kelistrikan di Rutan Manokwari. Hasil pengecekan akan kami sampaikan dalam bentuk Berita Acara, hal-hal apa saja yang harus dibenahi, termasuk jenis kabel yang cocok digunakan,” kata Arvy, Rabu (6/10/2021).

Arvy Tryudha menyebut, dari hasil pengecekan instalasi listrik di Rutan Manokwari dalam kondisi baik. Namun, kata dia, dalam mencegah korsleting listrik mesti dilakukan perbaikan-perbaikan pada instalasi.

“Kondisinya baik. Namun, kami juga memberi rekomendasi dalam mencegah terjadinya korsleting listrik dengan melakukan perbaikan-perbaikan pada instalasi di Rutan manokwari agar lebih baik lagi,” kata Arvy.

Sementara itu, Karutan Manokwari, Yulius Paath menyampaikan terima kasih atas perhatian yang ditunjukkan oleh PT PLN UP3 Manokwari.

“Terima kasih atas kunjungannya, kami tahu betul, bapak ibu pasti banyak kesibukan, kami tidak menyangka tim turun langsung, saya anggap bapak ibu sedang refreshing di Rutan, karena tidak sembarang bisa masuk ke tempat ini,” kata Yulius sedikit berkelakar.

Pengecekan instalasi listrik di awali dari halaman depan kantor, kemudian pemeriksaan kabel-kabel listrik yang digunakan dalam kamar hunian Warga Binaan. Semua disisir dan dipastikan menggunakan kabel yang sesuai standar. (Red)