Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Polsek KPL Gandeng Stakeholder

Jayapura,- Mengantisipasi lonjaknya Penumpang Kapal di pelabuhan Jayapura, jelang perayaan hari raya Natal 2017 dan Tahun baru 2018 mendatang, Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Jayapura, menggelar rapat dan evaluasi dan antisipasi system pengamanan, Rabu (13/12/17) pagi.

Rapat evaluasi yang dilakukan oleh Polsek KPL Jayapura melibatkan stekholder terkait yang ada di lingkungan pelabuhan Jayapura yakni  PT Pelindo 4 Jayapura, KSOP Kelas II Jayapura, PT Pelni Jayapura serta melibatkan TKBM.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Luat Jayapura, Iptu Wilstson R. Lautuasan, menuturkan rapat evaluasi yang dilakukan ada empat poin yang disampaikan dimana antara lainnya yakni melakukan peningkatan keamanan dan ketertiban di pelabuhan laut Jayapura menjelang hari raya dan akhir tahun.

“Rapat yang dilakukan merupakan upaya kami dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan serta meningkatkan pengamanan dan pengawasan terhadap penumpang naik maupun penumpang turun,” jelasnya Rabu (13/12/17) saat ditemui diruang kerjanya.

Lanjut Wilson, selain meningkatkan pengamanan di dalam area pelabuhan, pihaknya pun melakukan penertiban areal luar pelabuhan guna mengindari kemacetan, mengingat setiap kali kapal penumpang sandar selalu adanya kepadatan kendaraan.

“Mengingat menjelang natal, mobilisasi masyarakat meningkat, kami akan tertibkan parkiran parkiran kendaraan sepanjang jalan di depan pelabuhan sehingga tidak terjadi kemacetan,” ujarnya.

Lebih lanjut Pria yang akrab di panggil Om Ongker ini pun menambahkan, selain pengawasan penumpang turun dan peertiban kendaraan guna mengantisipasi kemacetan, pihaknya pun bekerja sama dengan pihak Pelindo untuk mendirikan tenda untuk para penumpang mengingat terminal keberangkatan memiliki kapasitas ruangan yang tidak begitu besar.

“Kami sudah sarankan untuk PT Pelindo 4 memasang tenda bagi para penumpang dikarenakan terminal penumpang ruangnya tidak dapat menampung dalam kapasitas besar,”jelasnya.

Sementara itu ditanyakan terait dengan antisipasi penyeludupan minuman keras maupun narkotika melalui pelabuhan laut entah dari dalam maupun luar Jayapura, diriinya pun menegaskan sejauh ini pihakya terus berupaya keras serta meningkatkan pengawasan di pelabuhan laut Jayapura dan menjadi atensi Pihak Kepolisian Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura.