Pasific Pos.com
Papua Selatan

Antisipasi Campak dan Gizi Buruk

‘Pelayanan Dasar Perlu Diperkuat’

MERAUKE,ARAFURA,- Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu mengatakan untuk mengantisipasi campak dan gizi buruk perlu diperkuat pelayanan dasar terhadap masyarakat, terutama dilakukan imunisasi secara rutin terhadap anak, makan makanan yang bergizi dan pola hidup masyarakat harus ditingkatkan.

“Untuk kasus campak di Mappi tidak ada, tetapi kalau kasus gizi buruk ada tiga kasus. Namun sudah ditangani pihak medis dan sekarang sudah dipulangkan,” ujarnya kepada wartawan usai menghadiri HUT SMKN 1 Merauke, di GOR Head Sai, Senin (29/1).

Sementara terkait dengan kasus campak dan gizi buruk yang terjadi di Kabupaten Asmat, pihaknya sudah menyalurkan bantuan ke beberapa distrik yang berdekatan dengan Kabupaten Mappi. “Semua wilayah yang berdekatan dengan Kabupaten Asmat sudah kami proteksi untuk mengecek sejauh mana kasus campak dan gizi buruk yang terjadi. Apa yang diberitakan tidak semuanya buruk,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah pusat harus memberikan ruang kepada pemerintah provinsi sehingga beberapa hal secara regulasi itu merupakan kewenangan provinsi dalam konteks Otsus harus segera diberikan dan deperkuat. “Jadi kami tidak harus berurusan ke pusat, tetapi cukup sampai sebatas provinsi sudah bisa selesai,” terangnya.

Pemerintah pusat, provinsi harus bersama-sama membicarakan hal ini dalam hal kesehatan yang ada di Papua. Bukan hanya yang di Kabupaten Asmat, tetapi semua daerah yang ada di Papua harus mempresentasikan apa yang menjadi masalah di daerahnya, selanjutnya bagaimana mencari solusi terhadap permasalahan tersebut.