Pasific Pos.com
Papua Selatan

Antar Pelaku Pembangunan Harus Bersinergi

MERAUKE,ARAFURA,- Bupati Merauke, Frederikus Gebze,SE,M.Si berharap para pelaku pembangunan di Kabupaten Merauke bisa bersinergi dan terintegrasi. Jadi, antara distrik, kelurahan dan kampung harus bisa bersinergi, sehingga kegiatan atau program pembangunan yang dilaksanakan bisa benar-benar berjalan dengan baik dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Lanjut Bupati, dibutuhkan komitmen bersama untuk bagaimana semua program yang dilaksanakan itu mengarah kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). “Dalam perioritas, kita berharap ini bisa ada sinergi,”ungkap Bupati Freddy di Belafiesta, belum lama ini.

Sedangkan terkait dengan penataan Kota Merauke, Bupati meminta supaya semua saluran air yang ada di Kota Merauke untuk diperbaiki baik di jalan lingkungan maupun jalan utama. Jika itu telah dilakukan dengan baik, maka diharapkan tidak terjadi banjir karena air bisa langsung mengalir ke saluran pembuangan.

Kemudian, yang perlu ditata juga adalah soal penempatan sampah. Untuk di Kota besar seperti Jakarta, tempat sampah bisa berdekatan dengan toko bahkan warung dan itu tidak masalah. Namun, kondisi itu berbeda dengan di Merauke dimana tempat masih banyak untuk bagaimana sampah ini bisa ditempatkan di lokasi yang tidak menganggu.

“Para lurah, coba berkoordinasi dengan titik-titik strategis penempatan sampah. Kalau ada warga yang menerima, coba bicara dengan dinas terkait supaya warga itu bisa diberikan bonus. Karena, tidak semua orang bersedia tempatnya untuk penempatan sampah,”tukasnya.