Pasific Pos.com
Papua Selatan

Anis : Bentukan Karakter Sejak Dini

MERAUKE,ARAFURA,- Katua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Merauke, Anis Sururin, S.Pd.I mengharapkan dengan kegiatan workshop penguatan Kurikulum 2013 (K13) bagi guru TK PAUD bisa memberikan pemahaman menganai aspek teoritis penerapan K13. Apalagi salah satu inti dari penerapan K13 adalah pembentukan karakter.

Menurutnya, pondasi utama pembentukan karakter adalah anak-anak yang berada di TK maupun PAUD karena dari situlah pembentukan karakter bisa terbentuk. Dengan kegiatan ini juga bertujuan untuk memberi penguatan tentang kurikulum 2013 kepada guru-guru PAUD dan TK. Anak usia dini adalah usia emas dimana mereka akan menerima semua baik buruknya ilmu yang diajarkan oleh seorang guru atau tenaga pengajar.

“Dalam kegiatan ini penting bagi guru TK maupun PAUD dalam mengikuti kegiatan ini karena didikan guru kepada siswa sangat berpengaruh juga bagi anak-anak. Kita sebagai guru harus berhati-hati dan berpikir dengan jernih dalam memberikan pelajaran terhadap para murid,” tandasnya melalui telepon seluler, baru-baru ini.

Ia meminta, para pengajar TK maupun PAUD harus benar-benar tertanam motivasi untuk mendidik anak usia dini. Sementara itu, dalam workshop tersebut adapun materi yang disampaikan yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), penyusunan standar operasional satuan PAUD, pengembangan tema dan penyusunan rencana pelaksanaaan pembelajaraan dan penilaian pembelajaran PAUD.