Pasific Pos.com
Papua Selatan

Animo Pengurusan Meningkat Tajam

Disdukcapil Merauke
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merauke, Paino (foto:iis)

‘Disdukcapil Siapkan 10.000 Blanko KTP’

 

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Merauke, Paino mengemukakan bahwa kekosongan blanko KTP sempat terjadi sejak Bulan Januari hingga Juni 2020 karena permintaan yang cukup tinggi terkait dengan BLT sehingga masyarakat berbondong-bondong mengurus KTP. Diakui kekosongan blanko terjadi cukup lama karena ditambah dengan pemberlakuan lock down selama masa pandemi Covid 19 sehingga pihaknya tidak bisa bertolak ke Jakarta. Namun seiring dengan persiapan untuk menghadapi Pilkada dimana warga harus memiliki KTP sehingga akhir Agustus lalu pihaknya memberanikan diri bertolak ke Jakarta untuk mengambil blanko KTP.

“Alhamdulilah kita diberikan 10.000 keping blanko dan sejak 3 minggu yang lalu masyarakat sudah bisa mengurus KTP. Jadi untuk saat ini stok masih aman,”ujar Paino kepada wartawan saat ditemui di salah satu rumah makan kemarin. Ia juga menjelaskan bahwa jumlah warga yang mengurus KTP meningkat tajam karena sekarang semua pengurusan harus berbasis NIK, baik untuk BPJS, perbankan, bantuan dan lain sebagainya.

Terlebih menjelang Pilkada sehingga pihaknya mulai marathon melakukan pelayanan hingga ke distrik-distrik, mulai dari tahap perekaman, pendataan hingga pencetakan. Saat ini dari jumlah 10.000 stok yang tersedia, 9.000 sudah dilakukan perekaman. Dalam sehari pencetakan bisa mencapai 200 KTP karena pihaknya sudah berkomitmen agar KTP yang selesai dicetak harus segera diserahkan kepada masyarakat. Oleh sebab itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar dapat mengecek ke Kantor Capil agar KTP yang sudah dicetak tidak bertumpuk akibat belum diambil pemiliknya.

Artikel Terkait

Giliran Jajaran Dinas Pendidikan Ikut Rapid Tes

Arafura News

Cegah Korupsi Di Sektor Kehutanan

Arafura News

Sekda : Ransum Hanya Untuk Menunjang Perjalanan Dinas

Arafura News

Rayakan Natal Di Tengah Pandemi

Arafura News

Sosialisasikan IEPK, BPKP Bidik Pemda Merauke

Arafura News

14 Pegawai Sejumlah SKPD Ikut Wisuda Daring

Arafura News

Tingkatkan Kompetensi Petugas Dengan Pelatihan

Arafura News

Public Service Diharapkan Meningkat

Arafura News

HBL Tobing : Faskes Lansia Berbasis Wisata, Program Luar Biasa

Arafura News