Pasific Pos.com
Headline

Angka ODP di Papua Munurun

Angka ODP di Papua Munurun
Info grafis kasus Covid-19 provinsi Papua, update tgl 17 Maret s/d 6 April.

JAYAPURA – Kabar gembira bagi masyarakat Papua datang dari Juru Bicara Satgas Penanggulangan dan Pencegahan Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr Silvanus Sumule. Dokter Samule mengatakan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yakni 3498 orang. “Angka ini memang sudah semakin menurun, oleh karena berdasarkan data – data kita ada kurang lebih 2354 ODP yang sudah selesai masa pemantauan,”ungkapnya.

Namun lanjut dr Sil, walaupun sudah selesai masa pemantauan, mereka harus tetap mengisolasikan diri selama dua minggu ke depan. Jikalau ada keluhan – keluhan mereka harus melaporkan kepada petugas kesehatan.

Di sisi lain 4 kabupaten masih terus dipantau diantaranya Kabupaten Mimika, Merauke, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Dimana Kota Jayapura dengan 12 kasus positif, dengan 8 perawatan 3 kasus sembuh dan 1 meninggal.

“Belum ada perubahan dibandingkan dengan kemarin. Hal yang sama juga berlaku bagi Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke,”terangnya.

Diterangkannya pula hingga hari ini Senin (6/4/2020) tidak ada perubahan dalam angka untuk angka positive covid-19 di Provinsi Papua.

Data yang dikumpulkan hingga malam ini, ditemukan 26 kasus positif pengidap Covid-19 dengan 45 Pasien Dalam Pemantauan atau PDP.

Sementara itu menyangkut hasil laboratorium disampaikan, jumlah pemeriksaan laboratorium tidak berbeda dengan kemarin, yang dilaporkan 214 sampel. Akan tetapi hasilnya baru akan keluar Pukul 22:00 Wit nanti malam.

“Mudah – mudahan dari hasil pemeriksaan, kasus – kasus yang dikumpulkan hari ini kita berdoa agar tidak ada yang positif. Hasil ini akan kami umumkan besok malam,”tuturnya.

Pengiriman Rapid Test

Besok pagi rencananya ada sejumlah penerbangan yang sudah disiapkan oleh Satgas Covid19 Papua untuk menopang para medis yang ada di daerah Animha. Selain itu juga ada satu penerbangan khusus yang disiagakan untuk mengirimkan beberapa alat – alat kedokteran, termasuk juga dengan media – media pemeriksaannya yang berjumlah kurang lebih sebanyak 50 koli.

Selain itu juga dari informasi yang didapat sudah banyak upaya – upaya yang dilakukan oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng. Dimana juga sudah menyiapkan RDT atau Rapid test secara mandiri.

Artikel Terkait

Antisipasi COVID-19, Papua Perketat jalur Perbatasan RI-PNG

Afrans

Varian Baru Covid Baru Lebih Ganas, Menkes Ingatkan Warga Papua di Perbatasan PNG

Afrans

Tinjau Vaksinasi di Kota Jayapura, Menkes Berpesan Utamakan Vaksinasi Lansia

Afrans

Kodim Jayapura Intensifkan Patroli Yustisi Guna Cegah Penyebaran Covid

Afrans

Giliran Jajaran Dinas Pendidikan Ikut Rapid Tes

Arafura News

Pemprov Papua Canangkan Vaksin Covid-19

Bams

Tahanan Dengan Gejala Covid Langsung Rapid Test

Arafura News

Tenaga Kesehatan Terpapar Covid, RSUD Tutup Layanan Umum

Arafura News

Legislator Papua : Jangan Manfaatkan Momentum Covid-19 Untuk Kepentingan Tertentu

Tiara