Pasific Pos.com
Papua Selatan

Anggota Polres Dapat Vaksin Hepatitis

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Kepolisian Resor Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH melalui Paur Dokkes Polres Merauke, dr. Rahmadani beserta anggotanya memberikan vaksin hepatitis kepada anggota Polres Merauke, bertempat di ruang data Mapolres Merauke Jumat lalu. Dr. Rahmadani mengemukakan bahwa pemberian vaksinasi Hepatitis B merupakan program kerja dari RS.Bhayangkara Polda Papua bagi anggota Polres Merauke dan pihaknya sebagai tim yang menjalankan program tersebut.

Sebelum melakukan vaksinasi hepatitis, anggota Polres Merauke di haruskan menjalani screening hepatitis, di antaranya memeriksakan HbSAg dan HbSAb. Dari 106 orang yang mengikuti screening terdeteksi 32 orang dengan HbSAb (+) dan 2 orang HbSAg (+).”“Ia benar kami telah melakukan vaksinasi hepatitis kepada anggota Polres Merauke dengan jumlah 106 orang. Walaupun beberapa anggota yang telah memiliki antibodi terhadap Hepatitis B (HbSAb (+)) tidak wajib mendapatkan vaksin, tetapi pada kesempatan kali ini anggota tersebut tetap kami vaksin,”ujarnya.

Ia menjelaskan, 1 dari 10 orang Indonesia mengalami infeksi hepatitis B. Vaksinasi hepatitis B menjadi salah satu jenis vaksin yang wajib diberikan kepada bayi yang baru lahir. Orang dewasapun dapat menghindari diri dari infeksi berbahaya dengan vaksinasi tersebut. Pemberian vaksin hepatitis B dimaksudkan untuk menangkal infeksi organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Vaksinasi juga dimaksudkan untuk mencegah berbagai akibat yang dapat ditimbulkan infeksi hepatitis B, seperti kanker hati dan sirosis. Beberapa reaksi ringan setelah pemberian vaksinasi yang sering terjadi, seperti rasa nyeri di lokasi suntikan dan demam. Efek samping yang lebih berat atau masalah lain setelah pemberian vaksinasi jarang terjadi. Namun bagi yang pernah mengalami reaksi alergi terhadap vaksinasi hepatitis B sebelumnya.