Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura Olahraga

Anggaran Pelaksanaan Porkab II Kabupaten Jayapura Hampir Mencapai 10 M

Ketua Umum KONI yang juga Bupati Jayapura Mathius Awoitauw didampingi Ketua PB Porkab II Kabupaten Jayapura Ruddy Bukanaung, Ketua Harian KONI Kabupaten Jayapura Korneles Yanuaring dan Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hana S. Hikoyabi, ketika memimpin rapat umum akhir jelang pelaksanaan Porkab II, yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa 5 Juli 2022

SENTAN – Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II Kabupaten Jayapura Tahun 2022 digelar 8-18 Juli. Opening Ceremony atau upacara pembukaan agendanya dilaksanakan di Stadion Barnabas Youwe (SBY), Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (8/7/2022) sore.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura sendiri mengucurkan dana kurang lebih 8 miliar untuk Porkab II Kabupaten Jayapura.

” Untuk alokasi anggaran Porkab II itu, sudah disampaikan tadi oleh pak Bupati Jayapura sebesar Rp. 9.350.000.000, yang berasal dari sumbangan pribadi pak Bahlil Lahadalia itu sebesar 100 juta rupiah, kemudian 250 juta rupiah itu berasal dari sponsorship Bank Papua,” kata Ketua PB Porkab II Kabupaten Jayapura Ruddy Bukanaung ketika dikonfirmasi wartawan usai rapat umum akhir jelang pelaksanaan Porkab II Kabupaten Jayapura Tahun 2022, yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa 5 Juli 2022.

“Sedangkan 1 miliar rupiah itu bantuan hibah dari KONI Kabupaten Jayapura dan 8 miliar rupiah itu berasal dari Pemda Kabupaten Jayapura,” tambahnya.

Dijelaskan Ruddy, hingga saat ini dana untuk menyukseskan pelaksanaan Porkab II yang ada di Panitia Besar (PB) Porkab II itu sekitar Rp. 1.350.000.000, yang telah disalurkan ke bidang-bidang untuk kegiatan pembelanjaan yang ada di bidang-bidang dalam kepanitiaan Porkab.

“Jadi, sampai saat ini uang yang ada di panitia besar Porkab itu sebesar 1,350 miliar rupiah. Yang mana, kami sudah mulai gunakan untuk belanja kebutuhan bidang dan direncanakan jika tidak ada kendala besok (hari ini) mungkin sebesar 8 miliar rupiah dari Pemda itu akan digeser ke PB Porkab,” ujar Ruddy menerangkan.

“Yang kami ajukan itu sebenarnya diatas (9 miliar) itu, tetapi kita juga melihat dinamika pada kontingen ini. Karena dengan budget 200 juta rupiah per distrik itu, kami melihat ada kecenderungan mereka memangkas kontingen. Hal itu akan berimplikasi juga kepada pembiayaan nantinya. Ya, mungkin akan turun dan kami dari panitia besar akan seefisien mungkin untuk menggunakan dana yang ada, guna bisa menyelenggarakan secara baik event Porkab II Kabupaten Jayapura yang melibatkan 17 cabor,” sambungnya.

Secara umum, Ruddy mengungkapkan kesiapan Porkab II Kabupaten Jayapura berada di angka 90 persen, baik dari segi kesiapan pembukaan, hingga kesiapan venue cabor.

“Sampai saat ini, karena yang terpantau untuk bidang data ini masih merampungkan data kontingen. Jadi, dari data atlet itu yang sudah masuk dalam bidang pertandingan yang bisa di input ke sistem informasi data olahraga atau SIDO itu baru kisaran 50 persen. Sehingga saya melihat masih ada kendala-kendala di data administrasi kependudukan peserta. Namun tadi kami sudah diarahkan oleh pak Bupati selaku Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura untuk memperoleh dukungan dari Disdukcapil bagi kontingen yang ingin memperoleh dukungan dari Capil,” imbuhnya.

“Kalau untuk kesiapan venue itu sudah 90 persen siap untuk venue-venue yang akan digunakan dan semuanya berada di area Kabupaten Jayapura. Yang perlu menjadi perhatian disini adalah bidang peralatan. Karena kami belum sempat dapat update terbaru, tetapi kami sudah lakukan koordinasi dengan panitia di bidang peralatan,” tukas Ruddy Bukanaung.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw berharap dalam rapat umum akhir agar kedepannya semua bidang sudah harus selesai menyiapkan penyelenggaraan Porkab II ini.

“Karena besok (hari ini) mereka harus terima penyelenggaraan itu. Jadi, pembukaan Porkab itu tanggal 10 Juli, tadi kita sudah cek semua dan semua persiapan sudah beres. Tinggal karena dengan adanya perubahan sistem ke aplikasi sport science dan IT, sehingga semua aktivitas Porkab ini harus masuk semua dalam sistem aplikasi,” terangnya

Artikel Terkait

Kalahkan Distrik Kemtuk di Final, Tim Sepak Bola Putra Distrik Sentani Diberikan Bonus

Jems

Final Sepak Bola Putra Akan Digelar Siang ini di SBY

Jems

Distrik Kemtuk Tantang Distrik Sentani di Final Cabor Futsal

Jems

Perolehan Sementara Medali Porkab II, Distrik Sentani Ungguli Namblong dan Sentani Timur

Jems

Diikuti 7 Distrik, Cabor Tenis Meja Digelar Selama Tiga Hari

Jems

Imbang Lawan Distrik Ebungfauw di Final Sepak Bola Putri, Distrik Sentani Timur Raih Medali Emas

Jems

Dua Hari Menjelang Penutupan Porkab II, 4 Cabor Belum Selesaikan Pertandingan

Jems

60 Atlet Renang dari Tujuh Distrik Bertanding di Porkab II

Jems

Raih 13 Emas di Cabor Renang Porkab II, Distrik Namblong Juara Umum

Jems