Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Andi Ratna Azis Eluay Dilantik Sebagai Ketua IPEMI Kabupaten Jayapura

SENTANI – Pengurus Daerah (PD) Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kabupaten Jayapura periode 2018-2023 secara resmi dilantik oleh Ketua Pengurus Wilayah (PW) IPEMI Provinsi Papua, Sri Suparni Bahlil L., S.Sos, bertempat di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (24/1/18) siang.

Pelantikan di hadiri langsung oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura, para Pengurus Wilayah IPEMI Provinsi Papua, para penasehat PD IPEMI Kabupaten Jayapura seperti Ny. Siti Aisah Giri Wijayantoro, Ny. Hj. Endang Ratnawati dan Ny. Kartini Uba serta para tamu undangan.

Adapun pengurus IPEMI Kabupaten Jayapura periode 2018-2023, yaitu Ketua Andi Ratna Azis Eluay, Sekretaris Murni, S.Pd, Bendahara Hj. Andi Irmawati, S.E. dan 8 ketua-ketua bidang.

Ketua PW IPEMI Provinsi Papua, Ny. Sri Suparni, S.Sos, mengatakan, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia atau IPEMI adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang dibentuk dan didirikan untuk meningkatkan peranan perempuan dan juga berkontribusi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, menuju kemandirian ekonomi yang berkepribadian Indonesia dan berakhlakul karimah.

Lanjut Sri Suparni menyampaikan, organisasi IPEMI ini memiliki kedudukan dan fungsi serta strategis, terutama untuk membantu pengembangan usaha-usaha para Muslimah. Sehingga dapat berkembang dan juga berkontribusi dalam pembangunan nasional. Keberadaan IPEMI di harapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui penguatan ekonomi para pengusaha Muslimah.

“Keberhasilan pengusaha-pengusaha Muslimah baik di tingkat daerah, nasional maupun regional diharapkan dapat menjadi inspirasi dan semangat bagi Muslimah-muslimah lainnya serta seluruh masyarakat yang berada di Kabupaten Jayapura, untuk terus mengembangkan usaha dan berkontribusi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis ekonomi kerakyatan,” tutur istri Ketua DPP HIPMI Bahlil Lahadalia ini.

Sri Suparni mengungkapkan, saat ini IPEMI telah terbentuk di 34 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, sedangkan di luar negeri juga sudah terbentuk IPEMI yakni PW IPEMI Kerajaan Thailand Bangkok dan PW IPEMI Kerajaan Malaysia Kuala Lumpur.

“Kami yang ada di pengurus wilayah (PW) ini baru terbentuk kurang lebih dua tahun lalu dengan membentuk IPEMI di daerah seperti di Kota Jayapura. Selanjutnya kami kembali mengembangkan IPEMI ini di Kabupaten Jayapura, dengan harapan sebagai perpanjangantangan dari Pengurus Wilayah, yang notabene membutuhkan kerjasama dan bersinergi untuk mengembangkan IPEMI kedepannya di seluruh daerah di Provinsi Papua,” imbuhnya.

Ia menerangkan tujuan organisasi IPEMI ini untuk mengembangkan usaha Muslimah dan juga meningkatkan jumlah pengusaha Muslimah di Indonesia khususnya di Papua, meningkatkan kesejahteraan ekonomi majelis taklim atau masyarakat Muslim pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya yang ada di Provinsi Papua.

“Kami ingin mengembangkan virus-virus kewirausahaan kepada Muslimah yang ada di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura. Sehingga dapat bersinergi dengan organisasi perempuan lainnya yang ada di daerah ini. Dengan di lantiknya dan dikukuhkan IPEMI Kabupaten Jayapura, bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah maupun organisasi-organisasi lainnya,” tukas Sri Suparni Bahlil.

Semntara itu di tempat yang sama, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, menyampaikan ucapan selamat dan juga memberikan apresiasi kepada pengurus IPEMI dengan harapan dapat menjadi inspirasi dan juga kekuatan-kekuatan baru untuk pengusaha Muslimah khususnya pengusaha-pengusaha di Kabupaten Jayapura dengan membawa Kabupaten Jayapura ini menjadi kabupaten yang maju dan tingkat pertumbuhan ekonominya menjadi lebih baik lagi.

“Kita berikan apresiasi kepada ibu-ibu, yang bisa membentuk satu wadah untuk bagaimana mereka berkecimpung dalam dunia usaha guna membangun daerah ini dan pastinya juga bisa membesarkan nama organisasi IPEMI. Kita terus berikan spirit, supaya organisasi (IPEMI) ini bisa menjadi kekuatan-kekuatan baru untuk membangun daerah ini,” ucapnya.

Bupati Mathius berharap, IPEMI Kabupaten Jayapura dapat bermitra dengan baik dengan semua unsur yang ada di Kabupaten Jayapura, termasuk pemerintah daerah.

“Yang paling penting adalah sejahtera, dengan kebersamaan, kerukunan dan kedamaian pasti kita akan menuju masyarakat yang sejahtera,” harapnya.

Sementara itu, Ketua IPEMI Kabupaten Jayapura yang baru dilantik, Andi Ratna Azis Eluay dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan juga kepercayaan yang telah di berikan kepada dirinya, untuk mengemban tugas yang mungkin tidaklah mudah dan ringan.

“Namun, dengan dorongan dan motivasi yang diberikan kepada saya ini, In Sha Allah saya akan melaksanakan amanah yang telah dipercayakan kepada saya sebagai Ketua IPEMI ini,” ucap istri dari Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jayapura, Yohannis Eluay tersebut.

“Jadi, kami bagaimana bisa membuat ibu-ibu yang ada di Kabupaten Jayapura, khususnya ibu-ibu Muslim bisa berwirausaha. Selain itu, dari berwirausaha ini dapat ditingkatkan juga usahanya agar ekonomi kerakyatan ini bisa menjangkau seluruh masyarakat di daerah ini, terutamanya kepada ibu-ibu. Sehingga masyarakat Kabupaten Jayapura dapat sejahtera,” tandas Ratna.

Sekedar diketahui, organisasi IPEMI didirikan pada tanggal 21 April 2015 lalu di Jakarta, yang diketuai oleh Ingrid Kansil selaku Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) IPEMI.