Pasific Pos.com
Papua Selatan

Anak Wajib Diberi Imunisasi MR

MERAUKE,ARAFURA,- Anak usia 9 bulan sampai 15 tahun wajib diberikan imunisasi Measles Rubella (MR) yang akan dilaksanakan secara serentak pada Bulan Agustus dan September 2018. Untuk Bulan Agustus, imunisasi diberikan kepada anak-anak di lingkungan sekolah. Sedangkan di Bulan September, untuk anak-anak di luar sekolah termasuk yang ada di Posyandu.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr.Inge Silvia, mengatakan sesuai target untuk Kabupaten Merauke sebanyak 57.445 anak dan diharapkan minimal bisa 95 persen supaya terbentuk imunitas di komunitas. Kendati demikian, pihaknya tetap berharap pelaksanaan imunisasi MR bisa seratus persen.

“Misalnya di lingkungan, kalau 95 persen kekebelannya bagus. Tetapi kalau dibawah 95 persen, kita khawatirnya imunitas untuk komunitas itu kurang,”ungkapnya kepada wartawan di halaman Kantor Bupati, Senin (2/7).

Menurut dr.Inge, untuk anak sekolah dan Posyandu itu tidak masalah karena mereka terlokalisir, hanya saja yang menjadi kendala adalah anak-anak yang di luar sekolah dan di luar Posyandu. Karena itu, pihaknya berharap dukungan dari berbagai pihak termasuk media massa.

“Ini tanggungjawab dari Bupati juga bukan hanya Dinas Kesehatan, dan sudah ada intrusi darti Gubernur untuk mendukung program tersebut,”ujarnya.

Lebih lanjut kata dr.Inge, pemberian imunisasi akan dilakukan menyeluruh bukan hanya di wilayah Kota Merauke. “25 Puskesmas sudah dilatih dan sudah diminta perencanaan. Ini perlu dukungan dari banyak pihak, kalau hanya Dinas Kesehatan tentu tidak akan berjalan maksimal,”ungkapnya.

dr. Inge menambahkan, terkait pelaksanaan pemberian imunisasi MR di Kabupaten Merauke secara serentak, Jumat (mendatang bertempat di Kantor Bupati akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi imunisasi MR.