Pasific Pos.com
Papua Selatan

Anak Penyalahgunaan Lem Ikut Pemeriksaan Kesehatan

MERAUKE,ARAFURA,-Demi menyelamatkan anak-anak bangsa khususnya anak-anak penyalahgunaan lem dan turut mewujudkan Merauke sebagai kota layak anak maka Komisi Kesehatan Keuskupan Agung Merauke (KOMKES-KAME) dan Forum Peduli Penyalahgunaan Lem (FPPL) menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya pemeriksaan kesehatan bagi mereka yang memang merupakan binaan dari KOMKES-KAME dan FPPL.

Tujuan kegiatan ini semata-mata untuk tindakan penyelamatan terhadap mereka sebab pihak KOMKES dan FPPL perlu mengetahui dampak dan kader lem yang mereka hirup sejak lama. Meskipun ada sejumlah anak yang baru beberapa bulan aktif menghirup. Dengan demikian, kondisi kesehatan mereka dapat diketahui lebih cepat dan ke depan bisa ditindak lanjuti. Selain itu yang menjadi tujuan penting adalah terkait dengan tindakan sosial terutama untuk menyelamatkan.

Pada pemeriksaan yang berlangsung di gedung Vertenten Sai Rabu lalu, tercatat ada 53 anak yang diperiksa. “Namun ini pemeriksanan kesehatan awal dan ada akan ada pemeriksaan lanjutan apabila ditemukan gejala lain yang harus ditangani segera atau untuk pemeriksaan tambahan. Misalnya jika diketahui ada gangguan pernapasan maka anak yang bersangkutan akan dironsen.

Begitu pula jika ada gangguan pencernaan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan darah, USG dan lain sebagainya. Jadi untuk kali ini hanya untuk pemeriksaan ringan namun jika ada gejala-gejala lain akan ditindak lanjuti ke rumah sakit,”jelas Ketua KOMKES-KAME dan Wakil Ketua FPPL Kabupaten Merauke, Ana S.A. Mahuze kepada wartawan di sela-sela pemeriksaan kesehatan di gedung Vertenten Sai.