Pasific Pos.com
Papua Barat

Ali Bauw Daftar di Partai Perindo Sebagai Balon Bupati, Robert Manibuy Sebatas Ambil Formulir

Bintuni, TP – Mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten teluk BintuniAli Ibrahim Bauw, mendaftar di Sekretariat DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kabupaten Teluk Bintunsebagai bakal calon (Balon) Bupati pada Kabupaten Teluk Bintuni tahun 2020Senin (23/9) sekitar pukul 10.30 WIT.

Saat mendaftar, Ali Bauw didampingi istri dan simpatisan, rombongan diterima tim Seleksi Balon Bupati atau dikenal dengan sebutan Tim 9.

Selain Ali Bauw, Robert Manibuy melalui perwakilannya juga datang ke Sekretariat DPD Partai Perindo Teluk Bintuni untuk mengambil formulir pendaftaran. Rencananya, Robert Manibuy akan mengembalikan formulir pada 26 atau 27 September 2019 bersama pasangannya.

Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Teluk BintuniEdison Orocomna, mengatakan, DPD Partai Perindo Kabupaten Teluk Bintunisudah mulai membuka pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni pada Pilkada serentak 2020, sejak 23 September.

“Kami sudah mulai membuka pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 23 September 2019 dengan persyaratan ada 8 poin kriteria yang harus dimasukkan calon diantaranya yaitu pendaftar harus menyerahkan foto copy KTP, foto copy ijasah terakhir serta gambaran visi dan misinya yang harus diselaraskan dengan visi dan misi partai Perindo,” ungkap Edison kepada para wartawan di sela-sela membuka pendaftaran Balon Bupati di sekretariat DPD Partai Perindo Teluk Bintuni, di Tahiti, kemarin.

Lebih lanjut Edison menyebutkanbatas akhir pengembalian formulir dilakukan oleh pendaftar ke DPD Partai Perindo Teluk Bintuni pada 28 September 2019 sampai pukul 24.00 WIT.

“Apabila lewat dari waktu yang ditentukan tersebut maka kami tidak mentoleransi lagi bagi mereka yang ingin mendaftarkan diri sebagai Balon Bupati lewat partai kami. Sebab kami nyatakan pendaftaran sudah ditutup. Ali Ibrahim Bauw ketika datang langsung mendaftarkan diri dengan mengantar salah satu kriteria kepada Tim 9. Dan setelah kami lihat berkasnya itu sudah memenuhi salah satu syarat yang diisyaratkan. Sedangkan Robert Manibuy dengan DPC Partai PDI Perjuangan Teluk Bintuni datang ke sekretariat masih sebatas mengambil formulir dan rencananya PDIP akan mengembalikan berkas yang sudah diambil dari Timsel atau Tim 9 itu pada tanggal 26 atau 27 September 2019 sebab mereka masih mau melihat beberapa kriteria yang diisayaratkan partai Perindo. Pada saat nanti mereka datang mendaftar itu  rencanya langsung dengan pasangannya,” jelas Edison.

Ia menerangkan, di dalam formulir tercantum biaya administrasi yaitu sebagai biaya transportasi untuk mengantarkan berkas Balon  Bupati yang sudah diverifikasi oleh kami ke DPW Partai Perindo Teluk Bintuni ke provinsi dan DPP Partai Perindo di pusat.

Lanjut dia, pada pendaftaran ini, pihaknya mengacu pada UU Nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan bupati dan wakil bupati serta peraturan KPU atau PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang jadwal program dan tahapan Pemilukada Serentak Tahun 2020. Sehingga pihaknya juga menyiapkan formulir-formulir khusus untuk Balon-Balon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mendaftar.

Yaitu bertujuan untuk mempermudah proses pada saat calon tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP maka otomatis saat ke KPU mungkin yang masih kurang itu masih bisa diperbaiki. Di sini kita sebatas menyaring atau memverifikasi berkas Balon Bupati lalu kita kirim ke DPW Partai Perindo di provinsi dan itu mereka sebatas mengetahui. Kemudian berkas Balon Bupati itu lalu DPW kirim ke DPP yang nantinya berwenang untuk memberikan rekomendasi kepada Balon mana yang disetujui oleh DPP untuk maju sebagai Balon Bupati Teluk Bintuni pada Pilkada serenta Tahun 2020 yang diusung oleh partai Perindo,” beber Edison.

Edison menambahkan, partai Perindo dalam membuka pendaftarantidak membatasi berapa banyak yang mau mendaftar.

“Walaupun ada puluhan orang yang mendaftarkan diri itu tetap akan kami layani semua yang penting mereka mendaftar tidak lewat dari tanggal 28 September 2019. Dan pada saat datang mendaftar ada pendaftar yang membawa kekuatan massa silahkan saja yang penting masalah keamanan lalu lintas itu mereka berurusan dengan pihak keamanan. Dan kami berharap siapa saja silahkan datang mendaftar dan nanti siapa yang mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Perindo itulah yang akan diusung untuk siap beratanding pada Pilkada dan kalau dia nantinya berhasil menjadi Bupati maka kami harap kewajiban dia sebagai kepala daerah itu yaitu mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi serta dia juga harus membesarkan partai Perindo,” ungkapnya.

Dirinya menerangkan, dalam tim seleksi dibentuk tim 9 karena nomor urut partai Perindo adalah angka 9. Kemudian kita buka pendaftaran tanggal 23 September 2019 itu bersamaan dengan lounching jadwal program dan tahapan Pilkada serentak kabupaten/kota di seluruh Indonesia pada tahun 2020 oleh KPU RI dimana ini kami anggap sebagai sejarah bagi kami partai Perindo,” pungkas Edison. [ABI-R4