Pasific Pos.com
Papua Selatan

Alat Rongent Belum Berfungsi Baik, Peltu Sobirin Perpanjang Pengabdian

 

Timika, Alat rongent di RSUD Asmat lama tak berfungsi. Namun berkat tangan trampil Peltu Sobirin , alat rongent telah berfungsi.

Sobirin yang seharusnya selesai masa tugas bersama Tim III Satgaskes TNI yang berjumlah 19 yakni Peltu Sobirin memilih untuk memperpanjang masa pengabdiannya di Asmat dan bergabung dengan Tim IV Satgaskes TNI. Pilihan ini merupakan keinginan Peltu Sobirin semata mata karena tanggungjawab profesinya sebagai penata rontgen.

Pada awalnya saat penugasan di RSUD Agats, alat radiologi belum berfungsi dengan baik dan tidak ada penata radiloginya sehingga para klinis sering terkendala pemeriksaan penunjang. Dengan berbekal keahlian sebagai penata rontgen segera menata dan memfungsikan alat rontgent. Sekarang ini pemeriksaan radiologis bisa mencapai 10-15 pasien per hari.

Setelah berhasil memfungsikan alat tersebut, Peltu Sobirin nemberikan pelatihan terhadap dua tenaga yang telah ditunjuk rumah sakit. Pelatihan inilah yang mendorong Prajurit TNI tersebut untuk menghadap ke Dantim Letkol (K) dr. Aminuddin Harahap, Sp.A, M. Tr. Hanla meminta untuk masa tugasnya untuk melanjutkan pendampingan sampai penata yang dilatihnya benar- benar telah mumpuni mengawaki alat radiologinya.