Pasific Pos.com
Papua Barat

Agenda Kedewanan Terlambat Akibat DPA Belum Diserahkan

Manokwari, TP – Sejumlah agenda DPR Papua Barat yang sudah ditetapkan Badan Musyawarah (Bamus) pada awal 2018, dipastikan akan mengalami keterlambatan, ungkap Ketua DPR Papua Barat, Pieters Kondjol.

Diungkapkan Kondjol, sesungguhnya, agenda kedewanan sangat padat, tetapi sampai sekarang belum ada agenda yang dilaksanakan, karena belum diserahkannya Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) APBD Tahun Anggaran 2018.

“Ini adalah konsekuensi yang harus diterima akibat belum dibaginya DPA ke setiap OPD di Pemprov Papua Barat. Kita tidak bisa buat apa-apa. Ya, palingan rutinitas pimpinan, kesekretariatan DPR, dan administrasi yang mungkin bisa berjalan seperti biasa,” kata Kondjol kepada Tabura Pos di Kantor DPR Papua Barat, Selasa (20/2).

Diakuinya, hingga sekarang, pihaknya juga belum melakukan reses, sedangkan eksekutif sudah menyurat agar segera menyampaikan pokok pikiran DPR untuk Tahun Anggaran 2019. “Artinya, sekarang sistem planning dan budgeting ini yang perlu dilihat bersama,” katanya.

Oleh sebab itu, Kondjol mengaku, pihaknya telah menyurati eksekutif, mudah-mudahan dalam waktu tidak begitu lama, dewan sudah bisa menerima DPA agar pihaknya bisa melaksanakan sejumlah agenda, karena pokok-pokok pikiran dewan pada 2019, berdasarkan hasil reses.

“Di awal tahun 2018 ini, kita belum melakukan apa-apa. Kita harap DPA secepatnya dibagikan, sehingga agenda perdana kedewanan, melakukan reses dalam rangka menyampaikan pokok pikiran dewan,” jelasnya.

Ditanya tentang evaluasi anggaran setiap triwulan, dia mengatakan, sesungguhnya kegiatan pengawasan melekat pada anggota dewan dan biasanya per triwulan.

“Tapi, sekarang apa yang harus kita evaluasi, apa yang harus kita periksa? Sampai saat ini, kegiatan-kegiatan di tahun 2018 juga belum jalan,” tukasnya. [FSM-R1]