Pasific Pos.com
Papua Barat

Ada Dana Desa, Hampir Seribu Kampung Diusulkan Dimekarkan

Manokwari, TP – Dana desa dari pemerintah pusat mendorong masyarakat adat untuk berbondong-bondong memekarkan kampungnya. Kondisi itu, salah satunya terjadi di Kabupaten Manokwari.

Di Kabupaten Manokwari, usulan pemekaran kampung yang diusulkan masyarakat adat ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari hampir mencapai 1000 usulan.

“Usulan pemekaran kampung sekarang saja yang sudah masuk sekitar 895 usulan pemekaran,” kata Bupati Manokwari, Demas P. Mandacan kepada wartawan, baru baru ini.

Bupati Mandacan menjelaskan, semua berkas usulan pemekaran kampung akan diverifikasi oleh tim apakah persyaratannya memenuhi atau tidak.

“Saya sendiri sebagai ketua tim verifikasi dan kami akan turun untuk evaluasi semua apakah memenuhi syarat atau tidak. Yang memenuhi syarat akan kita rekomendasikan ke pemerintah provinsi dan setelah itu ke pemerintah pusat,” jelas Mandacan.

Ditanya apakah sudah ada usulan yang diverifikasi, Mandacan mengaku sudah ada beberapa yang sudah ditingkatkan menjadi kampung persiapan sebelum menjadi kampung definitif.

“Yang sudah ada beberapa, salah satunya kampung persiapan Insifuri,” kata Mandacan.

Disinggung perkembangan pemekaran 13 kampung di Mokwam menjadi distrik, Bupati Mandacan mengakatan prosesnya masih terus berjalan di Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

“Untuk rencana distrik Mokwam kami sudah sampaikan surat ke pemerintah provinsi, dan beliau nanti yang akan lanjutkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mudah-mudahan tahun ini,” tandasnya. [SDR-R3]