Pasific Pos.com
Papua Tengah

Ada Apa dengan Telkomsel Kemarin ?

NABIRE – Ada apa denganmu Telkomsel? Mungkin itu pertanyaan yang disampaikan sejumlah pengunaan telepon seluler se kota Nabire, sore hingga malam Jumat kemarin. Pasalnya, jaringan telekomunikasi ini petang kemarin mendadak hilang dan tidak dapat digunakan, baik ketika menelpon maupun lewat pesan singkat (SMS). “Kirim SMS saja tidak bisa, batal terus,” terang salah satu sumber terpercaya kepada media ini, Kamis petang.

Selain di waktu tersebut, jaringan milik operator Telkomsel di Nabire sejak pukul 17.30 WIT atau sekitar jam setengah enam sore mendadak hilang sama sekali baik jaringan untuk data (Internet Handphone) maupun layanan telepon dan SMS. Sampai berita ini ditulispun, jaringan milik Telkomsel tersebut masih tidak jelas sehingga warga Nabire sama sekali tidak bisa menggunakan layanan operator Telkomsel.

Data dan informasi yang dihimpun media ini, lewat Corporate Communications Telkomsel Regional Papua Maluku, Muhammad Kadri mengemukakan, penyebab down jaringan milik Telkomsel diakibatkan putusnya Kabel Fiber Optic atau lebih dikenal dengan istilah FO Cut, milik PT. Telkom.

Namun menurut Muhammad Kadri, belum diketahui jelas hingga saat ini lokasi FO Cut tersebut berada dimana. “Ya saat ini memang ada FO Cut pada jaringan milik Telkom. Hingga saat ini tim masih melakukan investigasi terkait lokasi dan penyebab FO Cut tersebut,” tutur Kadri melalui pesan singkatnya, Kamis malam seperti dikutip Nabire.Net.

Ditambahkan Kadri, saat ini tim dari Telkom maupun Telkomsel sedang fokus untuk perbaikan terlebih dahulu, dan jika ada informasi lebih lanjut akan diupdate kembali.

Warga Nabire sendiri bingung dengan putusnya jaringan Telkomsel. Sehingga banyak warga yang sama sekali tidak bisa menggunakan perangkat selulernya untuk berkomunikasi baik komunikasi data, telepon maupun pesan singkat. Keadaan ini tentunya sangat merugikan para pelanggan Telkomsel di Nabire.(wan)