Pasific Pos.com
Papua Selatan

Apresiasi Billy Mambrassar Untuk PMI Merauke

79214
Billy Mambrassar saat bertemu pengurus PMI (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Plt. Ketua PMI Cabang Merauke, Dominikus Ulukyanan mengemukakan bahwa kehadiran Billy Mambrassar selaku Staf Khusus Presiden ke Markas PMI Merauke merupakan berkat dan satu hal yang luar biasa. Tidak banyak memang yang diharapkan, minimal Billy sudah mampir dan melihat PMI saja, pihaknya sudah sangat bersyukur. Sekilas mengenai PMI Merauke, Dominikus menjelaskan bahwa untuk transfusi darah yang dilayani mencakup 4 kabupaten karena selain Merauke juga melayani kabupaten lain di kawasan selatan. Dengan segala keterbatasan fasilitas dan dana yang sangat minim, PMI Merauke berupaya untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal, bahkan suatu saat nanti ia berharap PMI dapat memiliki bangunan yang lebih baik.

“PMI Merauke belum lama ini telah sukses melaksanakan vaksinasi masal dan memberdayakan para relawan untuk membantu mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi. Pasalnya, pengetahuan yang minim dan masih adanya pengaruh dari berita-berita hoax mengenai efek negatif dari vaksin sehingga masih ada masyarakat yang merasa ragu,”jelasnya saat menggelar pertemuan dengan Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Billy Mambrassar di Markas PMI, Minggu (29/8). Sementara itu Billy Mambrassar menyampaikan apresiasi atas komitmen PMI Merauke dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk upaya yang dilakukan demi memperoleh dana tambahan berupa penyediaan fasilitas untuk pedagang makanan berjualan di area belakang Markas PMI. Billy menjelaskan, tugas dari Staf Presiden Republik Indonesia adalah memberikan masukan yang strategis dan ia menegaskan bahwa staf khusus tidak memiliki anggaran dan program kerja.

Jadi yang bisa dilakukan oleh staf khusus adalah menyalurkan aspirasi kepada lembaga yang memang berkompeten untuk menindak lanjuti. “Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada PMI Merauke karena telah mendukung program pemerintah yakni vaksinasi dan menyokong program-program pembangunan Pemda khususnya di bidang kesehatan. Oleh sebab itu sudah seyogyanya PMI selalu disuport oleh Pemda maupun pemerintah pusat,”jelas Billy. Menurutnya, yang dilakukan oleh PMI adalah public service dengan menyokong program pemerintah. Oleh sebab itu salah satu rekomendasi kebijakan yang akan ia tuliskan adalah kemitraan dengan yayasan-yayasan yang menyokong fungsi pemerintah dengan memberikan service publik. “Salah satunya di bidang kesehatan dimana PMI Merauke telah mendukung program vaksinasi,”pungkas Billy.**