Pasific Pos.com
Kota Jayapura

81 Pasangan Nikah Mengikuti Ijab Qabul dan Isbad Massal

 

JAYAPURA, – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jayapura ke-108, Pemerintah Kota Jayapura menikahkan 81 pasangan suami istri.

Ijab Qabul dan Isbad Massal 81 pasangan ini berlangsung di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Kota Jayapura, Papua, Kamis 1/3/18).

“Diutamakan kepada umat muslim yang sudah berkeluarga, namun belum menikah secara agama dan pemerintah serta tidak mampu membiayai pernikahan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli.

Kata Merlan, agar tercipanya pernikahan ini berdasarkan DPA Dispendukcapil Kota Jayapura, agar tercatat dalam administasi kependudukan sehingga merasa memiliki dan rasa tanggung jawab.

“Sejak periode pertama kepemimpinan Wali Kota Jayapura (Benhur Tomi Mano), sudah tercayat sebanyak 827 pasangan suami istri muslim yang dilaksanakan secara massal dan gratis,” kata Merlan.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan supaya masyarakat saya tidak ada yang kumpul kebo dan menjadi orang-orang yang diberkati tuhan.

“Selama masa jabatan saya menjadi wali kota, nikah gratis ini tetap saya lakukan. Mahar dan seperangkat alat sholat ditangungg Pemerintah Kota Jayapura. Ini merupakan bentuk pelayanaan kami kepada masyarakat,” kata Benhur.

Benhur berharap, agar pasangan yang dinikahkan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah dan menjadi suami istri harus saling menghormati sesuai dengan visi Kota Jayapura Beriman dan moto Satu Hati Membangun Kota Untuk Kemuliaan Tuhan.

“Saya hanya minta didoakan dalam memimpin Koya Jayapura. Saya juga minta menjaga kebersihan lingkungan karena kebersihan bagian dari iman. Mari menjaga Kota Jayapura agar menjadi kota yang aman dan damai,” kata Benhur.

Sebanyak 81 pasangan suami istri diawali dengan ceramah dan doa, kemudian dilangsungkan dengan acara nikah yang disaksikan langsung Wali Kota Jayapuara, Benhur Tomi Mano, pimpinan OPD dan Muspida Kota Jayapura.