Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

75 Rumah Untuk Korban Banjir Bandang di Kampung Yongsu Dibangun Tahun Depan

Banjir Bandang di Kampung Yongsu
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Nelson Sorontauw yang juga selaku Wakil ketua Rukun Anak Tanah Merah dan Anak Peranakan Tanah Merah (ATM-APTM) menyerakan masker kepada tim covid-19 Kampung Yongsu Desoyo, Sabtu, 6 Juni 2020.

Jayapura – Pemerintah akan membangun 75 rumah yang diperuntukan bagi warga korban banjir bandang 16 Maret 2019 di Kampung Yongsu Desoyo, Distrik Ravenirara, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Pembangunan rumah bagi korban banjir bandang sebenarnya dilakukan tahun ini, namun wabah pandemi Covid-19 dan kesiapan pelaksanaan Papua sebagai tuan rumah PON XX, sehingga pembangunan baru dimulai tahun 2021 mendatang.

“Korban banjir bandang 16 Maret 2019 di Kampung Yongsu Desoyo ada 90 Kepala Keluarga, tapi pemerintah baru siap membangun 75 rumah,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Nelson Sorontauw kepada pers di sela-sela penyerahan bantuan dari Rukun Anak Tanah Merah dan Anak Peranakan Tanah Merah (ATM-APTM) di Kampung Yongsu Desoyo, Sabtu, 6 Juni 2020.

Ia mengatakan, anggaran pembangunan rumah bagi korban banjir bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran (APBN).

“Untuk lokasi pembangunan rumah sendiri sudah selesai digusur oleh alat berat, tinggal dibangun, kami harapkan tahun depan pemerintah sudah harus bangun, kita usulkan 90 rumah, tepi baru terealisasi 75 rumah,” ujarnya.

Sementara pembangunan jalan, katanya, pemerintah kabupaten Jayapura sudah membangunan dari arah Depapre ke pusat ibukota Distrik Ravenirara.

“Saya akan dorong pada sidang paripurna dalam waktu dekat, sehingga pembangunan jalan bisa dilanjutkan, jika jalan sudah sampai di ibukota distrik, kita harapkan pembangunan dilanjutkan tahun berikutnya sampai di daerah pasir enam,” ucapnya.

Lanjutnya, dengan dibukanya jalan maka angkutan material pembangunan lebih mudah dan murah. “Sekarang ini biaya angkutan sangat mahal jika material diangkut dengan speed boat, makanya kita harapkan pembangunan jalan segera dikerjakan dan bisa tuntas secepatnya,” tutupnya.

Artikel Terkait

Peduli Terhadap Korban Banjir, Keluarga Besar DPR Papua Serahkan Bantuan Bama dan Uang Tunai Rp 100 Juta

Bams

Penerima Manfaat Rumah Bencana Diharapkan Tidak Mendengarkan Isu Hoax

Jems

Kemensos Akan Bangun 75 Unit Rumah Untuk Korban Banjir

Jems

Gali potensi Kerajinan Tangan Berbasis Budaya Masyarakat Lokal, Balai PPMD Gelar Pelatihan

Jems

Besok Pemkab Jayapura Gelar Pertemuan Dengan Todat, Jelaskan Penggunaan Dana Hibah 275 M

Jems

Minta Dukungan dan Restu Adat, FPKPPE Papua Temui Ondofolo Yanto Eluay

Jems

Peserta Jambore Kader PKK Diingatkan Tetap Jalankan Prokes Ketat

Jems

BPD Forum SOPAN Resmi di Lantik Bupati Mathius

Jems

Ini Pernyataan Sikap Forum Indonesia Bersatu, Sikapi Penolakan Otsus Jilid II

Jems