Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

73 Orang Pedagang Pasar Yotefa Reaktif Covid-19

Pasar Yotefa Reaktif Covid-19

Jayapura, Sebanyak 73 pedagang di pasar Yotefa Abepura dinyatakan reaktif Covid-19. Ke 73 orang ini merupakan pedagang yang ikut tes Rapid Senin (21/6) bersama 523 pedagang lainnya. ” Hasil dari rapid tes, 73 pedagang reaktif dan 30 orang sudah melakukan swab. Hasilnya masih di laboratorium kesehatan kita tunggu hasilnya,” ujar Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru.

Dijelaskannya pula ada 1800 pedagang Pasar Youtefa yang lakukan repaid test dimulai Senin (21/06/2020) sampai Rabu (24/06/2020) dipusatkan di Pasar Youtefa Abepura.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru dalam kesempatan ini menjelaskan di hari pertama pihaknya melakukan rapid test kepada para pedagang kios, Selasa besok rapid test dilakukan kepada pedagang yang menempati los-los, dan Rabu dilakukan tes kepada pedagang perantara termasuk pedagang kaki lima.

“Ada 1.800 pedagang yang kita rapid makanya kita bagi tiha hari. Semua pedagang kami minta aktif untuk lakukan tes karena hasilnya juga menentukan bahwa kasus ini betul-betul penyebarannya mulai berkurang,” jelas Rustan Saru.

Jika dalam rapid test tersebut hasil reaktif semakin menurun maka Kota Jayapura optimis bisa menerapkan new normal pada Juli mendatang.

Dijelaskan Rustan Saru, hingga kini terdapat 19.004 orang yang lakukan rapid test se Kota Jayapura, dengan hasil 1.672 reaktif dan 740 warga positif covid-19.

“Kami selalu pesan agar warga patuhi protokol kesehatan yang sudah disampaikan, pakai masker, disiplin cuci tangan hingga keadaan ini normal,” ucapnya lagi.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N Awi, ST, MT, mengatakan, pihaknya sebelumnya telah menyampaikan atau menyurati seluruh pedagang yang ada.

“Wajib ikuti rapid test ini dan apabila mereka tidak ikuti maka tidak diijinkan berdagang. Kami sangat mengharapkan semua pedagang ikuti rapid, karena minggu depan akan kami gelar razia kepada mereka,” jelas Robert Awi.

Artikel Terkait

Tren Kasus Covid-19 Papua Menurun, Belum Ditemukan Kasus Omicron

Bams

Kadin Serahkan Satu Set Generator Oksigen ke RSUD Wamena

Bams

Satgas Covid-19 Perketat Pintu Masuk ke Papua

Bams

Pemprov Papua Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat Soal PPKM Mikro

Bams

Panglima TNI Berikan Bantuan Tabung Oksigen dan Ribuan Alkes Pada Masyarakat Papua

Jems

Pekan Vaksinasi Covid-19 Menuju PON XX Papua

Bams

RSUD Jayapura Produksi Oksigen Medis

Bams

Jelang PON, Papua Tutup Akses Udara dan Laut

Bams

Kasus Covid-19 Meningkat, Papua Pertimbangkan Lockdown

Bams