Pasific Pos.com
Papua Barat

71 Kampung di Manokwari Belum Nikmati Air Bersih

Manokwari, TP – Sebanyak 71 kampung dari 164 kampung yang tersebar di Kabupaten Manokwari belum mendapatkan pelayanan air bersih dan sanitasi.

Hal itu diketahui setelah pengelola program Penyedia Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Kabupaten Manokwari menggelar pertemuan bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah kabupaten (Pemkab) Manokwari, di kantor Bappeda Manokwari, Jumat (20/7).

Koordinator program Pamsimas Kabupaten Manokwari, Yanti Wowor, mengatakan belum tersentuhnya pelayanan air bersih dan sanitasi di 71 kampung karena program tersebut belum masuk ke kampung tersebut.

Ia menjelaskan, sesuai dengan universal target Pamsimas, masyarakat di 71 kampung itu ditargetkan sudah bisa merasakan pelayanan air bersih dan sanitasi di tahun 2019.

“Program Pamsimas ini adalah program pemerintah pusat untuk mengkolaborasikan semua program yang ada di kabupaten dan tentunya kolaborasi anggaran,” jelasnya kepada wartawan usai pertemuan, kemarin.

Ia mengungkapkan, tahun 2018 terdapat 20 kampung yang menjadi target masuknya program Pamsimas, sedangkan sisanya akan dilanjutkan tahun 2019. Untuk anggarannya, pemerintah pusat akan menanggung (APBN) 16 kampung sedangkan pemerintah daerah (APBD) membiayai 4 kampung.

“Rata-rata asumsi investasi satu kampung 245 juta, itu untuk 70 persen, sedangkan 100 persennya 350 juta, karena Pamsimas di kabupaten ada sharing dana yaitu APBN dan APBD,” jelasnya.

Dirinya yakin bila 71 kampung tahun 2019 dapat tersentuh program Pamsimas, karena ada beberapa sumber anggaran yang dapat digunakan untuk membantu membiayai program tersebut, seperti APBN, APBD, dan Dana desa. [SDR-R3]