Pasific Pos.com
Kota Jayapura

65 Persen Pemakaman TPU Buper Waena Sudah Bisa Difungsikan

 

JAYAPURA, – Atas permintaan masyarakat, Pemerintah Kota Jayapura menghadirkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) muslim di Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Distrik Heram.

“6 Februari 2018 ini sudah bisa digunakan tinggal harinya kapan. 65 persen sudah bisa difungsikan, karena masih dalam pengembangan,” kata Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano dalam pertemuan dengan tokoh dan organisasi muslim di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura.

TPU merupakan kerja sama antara Pemerintah Kota Jayapura dan Pemerintah Papua, karena besarnya kebutuhan biaya pemakaman di Abepantai, yang bisa mencapai Rp 15 juta per orang.

“TPU ini sesuai janji saya pada kepemimpinan saya periode pertama. Kami lengkapi dengan fasilitas pendukung, petugas keamanan,” kata Benhur.

Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru, mengatakan TPU dengan luas 10 hektar ini diperkirakan bisa menampung sebanyak 25 ribu orang yang sudah meninggal.

“Semoga dengan TPU ini bisa meringankan beban masyarakat. Setiap kuburan menggunakan blok. TPU tidak ada masalah, semuanya aman,” kata Rustan.

Ketua MUI Kota Jayapura, KH Zulham Ma’mun, mewakili umat Islam di Kota Jayapura menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kota Jayapura.

“Alhamdulillah. Pemakaman ini bisa mengurangi beban umat muslim yang meninggal karena tidak dipungut biaya,” kata Ma’num.

Usai menggelar pertemuan, Pemerintah Kota Jayapura bersama tokoh dan organisasi Islam di Kota Jayapura mengunjungi TPU.

Dalam tinjauan di lapangan telah disepkati, diantaranya untuk biaya membayar orang yang menggali kuburan Rp 1 juta untuk orang dewasa, dan anak-anak Rp 750 ribu, dan adanya papan informasi pemakaman.