Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

4 Ribu Warga Kurang Mampu Dapat Bantuan BPJS Kesehatan

 

JAYAPURA – Sebanyak empat ribu orang warga kurang mampu di Kota Jayapura mendapat bantuan layanan BPJS Kesehatan, yang dibiayai dari APBD Kota Jayapura.

“Berlaku mulai Juni 2018 ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari di kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (7/6/18).

Dalam proses pendaftaran peserta penerima program bantuan iuran BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan melakukan koordinasi dengan Dispendukcapil dan Dinas Sosial setempat BPJS Kesehatan Jayapura.

“Masyarakat diberi bantuan dari pemerintah pusat sebanyak 2830 orang pada tahun ini,” kata Ni Nyoman.

Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi mengatakan kepala dinas sosial, pihaknya memiliki surat rekomendasi yang ingin menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Datanya ada di kami, kami padukan dengan data dari BPJS Kesehatan juga. 4 ribu ditarget selesai pendataanya pada tahun ini,” kata Irawadi.

Melalui bantuan tersebut, kata Irawadi, bantuan kesehatan sudah menjadi kebutuhan masyarakat kurang mampu, karena lebih membutuhkan berobat gratis di bandingkan yang lainnya.

“Kami harapkan pendataan yang dilakukan benar-benar tepat sasaran. Pemerintah juga menjelaskan kepada masyarakat tentang pengobatan mana saja yang masuj kategori gratis,” kata Irawadi.