Pasific Pos.com
Kota Jayapura

300 Pasutri Mengikuti Nikah Massal di GOR Waringin Jayapura

 

JAYAPURA, – Sebanyak 300 pasangan suami istri dinikahkan di Gedung Olahraga (GOR) Waringin Abepura, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (3/3/18).

Kegiatan nikah massal yang diikuti 300 pasang ini bagi warga Kota Jayapura yang beragama Kristen, Katolik, Hindu dan Budha.

Kegiatan nikah massal ini dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jayapura ke-108.

Kepala Bidang Pencayatatan Sipil Kota Jayapura, Marice Pattinama, mengatakan sesuai Undnag-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan.

Lalu, UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan junto UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan dari UU Nomor 23 Tahun 2006 dan keputusan Wali Kota Jayapura Nomor 188.4/8 Tahun 2018.

“Nikah massal ini merupakan program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura. Usia tertua dengan umur suami 74 tahun atas nama Thomas Marani dan istrinya Penina Fakdawer usia 70 tahun,” kata Marice.

Sejak periode pertama 2011-2018 masa kepemimpinan Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, kata Marice, sudah tercatat pasangan suami istri Kristen, Katolik, Hindu dan Budha sebanyak 2221 pasangan.

“Nikah massal ini dibiayai Pemerintah Kota Jayapura dan secara gratis,” kata Marice.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan nikah massal yang sudah dilaksanakan agar disyukuri.

“Ini penting terdata di agama, kependudukan, dan negara. Kalau sudah diikat dalam ikatan pernikahan maka tidak boleh dipisahkan kecuali maut,” kata Rustan.

Pada kesempatn ini Rustan berpesan, agar pasangan yang sudah menjadi suami istri saling menjaga, tidak mengumbat sifat buruk baik laki-laki dan perempuan, harus memiliki cinta dan kasih sayang.

“Itulah kunci kesuksesan kebahagian pernikahan. Rumah tangga terjaga dan harmonis,” kata Rustan.

Nikah massal ini dihadiri pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura dan Muspida Kota Jayapura serta tamu undangan.