Pasific Pos.com
Kota Jayapura

25 Warga di Kota Jayapura Mengikuti Pelatihan Anyaman Piring Lidi dan Penjahitan

 

JAYAPURA – Sebanyak 25 masyarakat di Kampung Skouw Yambe, Skouw Mabo, Transat, Kota Jayapura, Papua, mengikuti pelatihan anyaman piring lidi dan penjahitan, Selasa (10/7/18).

Kegiatan ini merupakan program pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) Tahun Anggaran 2018 Dinas Perindistrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura.

25 peserta yang mengikuti pelatihan dimaksud bertempat di Aula Diklat Sosial Provinsi Papua, hingga, Sabtu (14/7/18), yang didampingi dua instruktur.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan agar peserta mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga.

“Dilatih untuk menjadi pengusaha handal. Harus di syukuri karena pelatihan ini semuanya gratis. Saya harapkan bisa menghasilkan kualitas yang baik,” kata Rustan.

Rustan juga mengatakan agar mencapai masa depan cerah harus belajar dengan serius karena empat hari belajar sangat sia-sia saat pulang tidak ada ilmu yang bisa diperoleh.

“Kegiatan ini juga untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan di kampung. Harus bisa pintar internet,” kata Rustan dihadapan peserta yang didominasi perempuan asli Papua.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L. N
Awi mengatakan, memperkenalkan usaha piring lidi kelapa dalam menciptakan usaha baru untuk meningkatkan pelaku usaha IKM.

“Kami melakukan pembinaan berkesinambungan agar produk IKM di Kota Jayapura dapat menjadi pelaku ekonomi, berdaya saing sehingga terus berkembang,” kata Robert.