Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

25 Anggota DPRD Terpilih, Dibekali Wawasan Kebangsaan dan Tupoksi

SENTANI – Sebelum dilantik secara resmi pada Bulan Oktober mendatang, 25 anggota terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura, masa bakti 2019 – 2025 dibekali dengan wawasan mengenai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) kedewanan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Jayapura.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Drs. Selfrid Depondoye dalam laporannya saat pembukaan kegiatan pembekalan anggota dewan melalui acara Koordinasi Forum-Forum Diskusi Politik Kabupaten Jayapura, di Hotel Horex Sentani, Selasa (24/9) siang menyebutkan, pembekalan tersebut akan berlangsung selama tiga hari.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan, sikap dan semangat pengabdian dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah di dalam kerangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Serta mendorong anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura untuk berperang aktif dalam perumusan kebijakan, pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan sejumlah fungsi kedewanan yang melekat dalam kapasitas sebagai wakil rakyat.

‘Peserta sebanyak 25 orang dengan narasumber yang terdiri dari, Wakil Bupati Jayapura, Direktur Kewaspadaan Nasional Kemendagri RI, Ketua BPK Perwakilan Provinsi Papua, Asisten II Setda Provinsi Papua dan empat orang akademisi dari Unhas Makasar dan Uncen Jayapura,” sebutnya.

Senada dengan Kakesbang, Wakil Bupati Jayapura dalam sambutannya menyampaikan, pembekalan yang dilakukan tersebut merupakan langkah konkrit dari pemerintah untuk berbagi pengetahuan tetang kelembagaan dalam konteks kemitraan eksekutif dan legislatif.

Wabup menyatakan apresiasi kepada Kesabangpol Kabupaten Jayapura yang telah menyelenggarakan kegiatan pembekalan. Diharapkan, melalui pembekalan ini, setiap anggota dewan terpilih dapat mengetahui semua tugas pokok dan fungsi sebagai wakil rakyat di lembaga legislatif.

“Kami berharap supaya 25 Anggota DPRD Kabupaten Jayapura dapat mengikuti semua materi yang akan disampaikan. Supaya kelak, setiap anggota dewan dalam menjalan aktivitasnya berdasarkan materi yang dibagikan narasumber,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu peserta pembekalan yang juga sebagai Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Terpilih dari Partai NasDem, Cintya R. Talantan menandaskan, kegiatan pembekalan yang dilakukan oleh Kesbangpol Kabupaten Jayapura bagi dirinya dan kedua puluh empat temannya sangat bagus.

“Sebab melalui pembekalan ini, kami akan diberikan sejumlah materi yang tentu relevan dengan keberadaan kami selaku wakil rakyat di lembaga legislatif serta cakap dalam menjalankan semua tugas pokok dan fungsi kami nanti,” ungkapnya.

Peraih suara terbanyak urutan pertama dari 25 anggota dewan terpilih ini menerangkan, dirinya bersama semua anggota kedepan dalam menjalankan semua fungsi kedewanannya nanti membutuhkan pengetahuan, sebab itu, tidak ada salahnya jika pemerintah menggelar pembekalan.

“Kami bersedia untuk mengikuti semua materi yang akan disampaikan oleh para narasumber, semoga melalui pembekalan ini ada hal-hal baru yang bisa kami dapatkan sebagai bekal dalam menjalan tugas kami,”tandas Cintya.