Pasific Pos.com
Info Papua Pendidikan & Kesehatan

20 Sekolah dan Perguruan Tinggi di Papua Terima Bantuan Kipin dan Sarana Belajar Digital dari Bank Indonesia

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga menyerahkan secara simbolis Program Sosial Bank Indonesia berupa Kios Pintar dan peralatan belajar digital.

Jayapura – Kantor Bank Indonesia Perwakilan Papua menyalurkan bantuan berupa Kios Pintar (Kipin) dan sarana belajar digital kepada 16 sekolah dan 4 perguruan tinggi di Papua.

Penyaluran bantuan tersebut dipusatkan di Sekolah Negeri Keberkatan Olahraga (SMANKOR) Papua, di Kota Jayapura, Senin (21/12/2020).

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Papua, Naek Tigor Sinaga mengatakan di era digitalisasi saat ini dan ditengah Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, hampir seluruh sektor kehidupan dituntut untuk berubah dan mengikuti trend digital saat ini tidak terkecuali dunia pendidikan.

Pandemi Covid-19 menuntut guru dan para siswa untuk belajar secara digital dengan memanfaatkan teknologi.

“Namun disisi lain tidak semua pihak baik lembaga pendidikan maupun para siswa siap untuk melakukan hal tersebut, salah satu kendalanya adalah sarana infrastruktur pendukung,” ucap Naek.

Untuk mengatasi kendala tersebut, Bank Indonesia Papua memberikan bantuan berupa Kipin kepada 4 Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK).

Kios Pintar atau Kipin merupakan sebuah alat berbentuk seperti mesin ATM yang berisi ribuan buku-buku digital yang dapat diakses oleh para siswa.

Melalui Kipin tersebut, para siswa semakin mudah mencari bahan pembelajaran dan bisa diakses secara gratis.

Selain pemberian bantuan Kipin, Bank Indonesia Papua juga memberikan bantuan berupa peralatan belajar digital yang terdiri dari laptop, proyektor dan layar.

“Tujuannya agar semakin mempermudah tenaga pengajar sekaligus para siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara online,” kata Naek.

Bantuan peralatan digital ini diberikan kepada 13 lembaga pendidikan di Jayapura dan 3 lembaga pendidikan di Merauke.

“Semoga apa yang telah Bank Indonesia lakukan mampu mendorong terciptanya generasi-generasi emas di Papua yang berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan di daerah serta mewujudkan sumber daya manusia yang unggul menuju Indonesia Maju,” ucap Naek.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia.

Meski belum semua sekolah di kabupaten dan kota di Papua mendapatkan bantuan serupa, tetapi Christian berharap kerjasama tersebut terus dibangun.

Penyaluran bantuan secara simbolis turut disaksikan oleh Deputy Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Darmawan B.Tohap dan Perwakilan PT.Rekadia Solusi Teknologi, Novendy Susetyo Simanjuntak.

Adapun penerima bantuan Kipin dan sarana belajar digital yaitu :

Penerima bantuan Peralatan Belajar Digital di Merauke
1. SD YPPK Santo Tarsius, Merauke
2. SMA Negeri 1 Tanah Miring, Merauke
3. MTS Negeri Kurik, Merauke

Penerima bantuan Peralatan Belajar Digital di Jayapura dan sekitarnya:
1.Universitas Ottow Geisler
2.STIE Port Numbay
3.STIMIK Sepuluh November
4.STFT GKI Izaak Samuel Kijne
5.SMA Negeri 1 Arso
6.SMK YPK Diaspora
7.SMP Kristen Baik
8.SMP Negeri 9 Entrop
9.SMP Negeri 14 Jayapura
10.SD Negeri Tanjung Ria
11.SD YPK Maranatha
12.MI Al-Hidayah
13.Mts. Aliyah YPKP Sentani

Kios Pintar (Kipin) kepada 4 Sekolah Menengah Atas yaitu:
1.SMA N Keberbakatan Olahraga Papua (SMANKOR Papua) Waena Jayapura
2.SMAN 1 Jayapura
3.SMKN 6 Kota Jayapura
4.SMA Katolik Taruna Dharma Kotaraja. (Zulkifli)