Pasific Pos.com
Papua Barat

183 Warga Kampung Madu Raja Terima Bantuan

Manokwari, TP – Sebanyak 183 Kepala Keluarga (KK) korban banjir di lingkungan RT 04/RW 06 dan RT 05/RW 06 Kampung Madu Raja, Kelurahan Wosi, mendapatkan bantuan makanan dari pemerintah kabupaten (pemkab) Manokwari, Senin (19/2).

Bantuan berupa makanan itu disiapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manokwari dan langsung diserahkan diserahkan Asisten I Setda Manokwari, Wanto. Bantuan di Kampung Madu Raja didistrubisikan di tujuh titik penerima bantuan yang terkena dampak banjir.

“Inilah yang dapat diberikan oleh pemerintah, sekalipun tidak seberapa, namun jangan dilihat dari berapa banyak yang diberikan, tetapi inilah kepedulian pemerintah terhadap warganya, dan hal ini juga disesuaikan dengan kemampuan daerah,” kata Wanto kepada warga saat menyerahkan bantuan tersebut.

Wanto mengatakan, keterlambatan pemberian bantuan karena lambatnya laporan warga yang masuk pada pemkab, melalui BPBD.

Wanto mengungkapkan, bencana banjir adalah peristiwa alam. Namun, menurutnya, bencana banjir selain karena faktor alam juga bisa karena manusia yang suka membuang sampah sembarangan.

“Jika dibandingkan dengan gempa bumi atau peristiwa alam lainya, banjir masih bisa diatasi dengan cara pembersihan lingkungan yang ada, terutama bagaimana menangani sampah, karena dimana sampah banyak yang menutupi drainase, menyebabkan meluapnya air di saluran-saluran yang ada, sehingga terjadilah banjir,” jelas Wanto.

Dalam kesempatan tersebut, Wanto mengajak masyarakat setempat meminimalisir banjir dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Dari pantauan Tabura Pos, adapun paket bantuan yang diserahkan kepada warga di Kampung Madu Raja berupa Beras, Mie Instan, Gula, Minyak Goreng, Sarden, Gula dan Teh. [SDR-R20]