Pasific Pos.com
Papua Barat

166 Kampung di Pegaf Dapat Penerangan Listrik Hemat Energi

Anggi, TP – Sebanyak 166 kampung yang berada di Kabupaten Pegunungan Arfak mendapat bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bantuan berupa Lampu Tenaga Surya Hemat Eneri (LTSHE) diserahkan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, di Anggi, Kamis (1/3).

Secara keseluruhan, bantuan lampu kepada Kabupaten Pegaf sebanyak 3.820 unit. Dan, telah diserahkan secara simbolis kepada Bupati Pegaf, Yosias Saroy.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, pengadaan LTSHE bagian dari program Nawa Cita Presiden Joko Widodo dalam rangka mewujudkan program Indonesia Terang, Papua Barat terang dan Pegunungan Arfak terang.

“Maka itu patut kita syukuri dan berterimakasih kepada Kementerian ESDM dan Dinas ESDM Parovinsi Papua Barat yang telah ikut memperjuangkan alokasi ini kepada kementerian, baik melalui rapat koordinasi maupun penyampaian data secara tertulis dan akurat,” kata Gubernur.

LTSHE merupakan program untuk menerangi kampung-kampung yang masih gelap gulita, yang jumlahnya mencapai lebih dari 2.500 desa di seluruh Indonesia. Paket LTSHE dibagikan kepada penerima manfaat yang berada di kawasan perbatasan, daerah tertinggal, daerah terisolir dan pulau terdepan atau jauh dari jangkauan PLN.

Paket program LTSHE mencakup panel surya kapasitas 20 watt peak, 4 lampu LED, baterai, biaya pemasangan, dan layanan purna jual selama tiga tahun. Sehingga, LTSHE sangat cocok untuk rumah pedesaan yang secara geografis sangat terisolir dan distribusi penduduknya tersebar serta sulit dijangkau jaringan PLN.

“Prinsip kerja LTSHE adalah energi dari matahari ditangkap oleh panel surya, diubah menjadi energi listrik kemudian disimpan di dalam baterai. Energi listrik di dalam baterai ini yang kemudian digunakan untuk menyalakan lampu. LTSHE dapat beroperasi maksimum hingga 60 jam.

LTSHE akan diserahkan kepada 6 provinsi di Indonesia, termasuk di papua Barat,” terang Gubernur.

Sementara itu, Bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroy, SH., MH, mengucapkan terima kasih karena program Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo merambah ke 166 kampung yang dipimpinnya. Sehingga, warga yang berada di 166 kampung telah terlepas dari kegelapan karena sudah dapat menikmati listrik. [PGF-R3]