Pasific Pos.com
Papua Tengah

163 Tahun, Bukti Sejarah GKI Berkiprah di Tanah Papua

NABIRE – Telah kita ketahui bersama bahwa setiap tanggal 5 Februari telah ditetapkan sebagai hari masuknya Injil di tanah Papua, karena pada tanggal 5 Februari tahun 1855, Tuhan telah mengutus dua hambahnya, yakni Ottow dan Geisler menginjakan kakinya di Pulau Doreri Mansiman untuk memberitakan kabar Injil bagi orang New Guinea.

Dan pada saat itu pula kedua Rasul utusan Tuhan, Ottow dan Geisler mulai bekerja untuk memberitahukan kabar keselamatan dari Tuhan bagi orang New Guinea (Papua,red) walaupun dalam pekerjaan Ottow dan Geisler terus dihalangi dengan perang atau ancaman, namun pekerjaan Firman Tuhan terus berjalan sesuai dengan rencana.

Untuk itulah, pada 5 Februari 2018 sebagai bukti sejarah 163 tahun Gereja Kristen Injili (GKI) masih berkiprah di tanah Papua, dan kini buah–buah benih Injil itu telah tersebar tumbuh dan berkembang di atas pinggiran pantai, pulau dan dataran serta lembah Papua untuk terus bernyanyi dan bermasmur bagi Tuhan.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Papua, Drs. Fransiskus Xaverius Mote, M.Si, via telepon genggamnya, Senin (5/2) kepala Papuapos Nabire langsung dari Jayapura seraya menambahkan, dataran pesisir Papua mulai dari Pulau Burung Kota Sorong dan pantai pesisir selatan Tanah Papua telah kita tau bersama bahwa benih injil GKI telah hadir disana sebagai bukti GKI merupakan gereja tertua di tanah Papua.

Untuk itu, selaku pribadi yang pernah berbuat baik kepada Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) di Kabupaten Waropen, ketika saat itu menjabat Caretaker Bupati, menilai dengan bantuan dan perhatian kepada YPK berarti ia sudah menolong GKI, karena YPK dalam sejarahnya sebagai satu-satunya yayasan tertua di tanah Papua yang sangat perlu diberikan perhatian pemerintah serius.

Karena menurut data sejarah lahirnya YPK di tanah Papua yang lahir dari buah pikiran Ottow dan Geisler setelah sudah satu tahun memberitahukan Injil masuk di Mansinam, Ottow dan Geisler berpikir untuk memisahkan antara Pekerjaan Injil dan Pengajaran, akhirnya kedua rasul utusan Tuhan ini memberikan nama injil itu Yayasan Pendidikan Kristen pada tahun 1856.

Dan kini sudah memasuki usia ke163 tahun berarti GKI sebagai gereja tua sudah berdiri, sehingga buah injil yang sudah tumbuh di pantai Mansinam sudah jatuh dan berbuah lagi di mana–mana dan tunas-tunasnya dulu dan kini sudah bertunas berganti bahkan para perintis injil di tanah ini sudah berpulang ke rumah Bapak di Surga akan tetapi suaranya kini masih berkumandan di mana-mana sebagai harapan GKI.

Untuk itu, selaku pribadi dan keluarga Drs. FX Mote, M.Si kembali mengucapkan selamat merayakan atau memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-163, tanggal 5 Februari 2018 kepada seluruh masyarakat GKI yang ada di tanah Papua dan secara khusus bagi masyarakat GKI yang ada di Kabupaten Nabire.(des)