Pasific Pos.com
Olahraga

12 Venue PON XX Rampung Direnovasi

Venue pon papua
Alexander Kapisa

JAYAPURA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alex Kapisa mengatakan, Pemprov Papua telah selesai melakukan renovasi 12 venue Pekan Olahrag Nasional (PON) XX tahun 2021.

“Jadi 12 venue yang direnovasi untuk kegiatan PON XX tahun 2021 sudah rampung 100 persen, semua pembangunan menggunakan APBD Papua,” ungkap Alex kepada pers di ruang kerjanya, Senin, 21 Desember 2020.

Menurutnya, venue yang telah selesai direnovasi diantaranya GOR Cenderawasih, GOR Trikora, Stadion Mandala, GOR Waringan yang dikerjakan oleh Pemkot dengan dana bantuan dari Provinsi Papua.

“Pada prinsipnya pembangunan sudah rampung 100 persen, sehingga kosentrasi kami lebih pada perawatan dan pemeliharaan kedepan nanti,” jelasnya.

Oleh karena itu, katanya, pihaknya sedang menyiapkan kelembagaan (Unit Pelaksana Teknis) pengelola venue hingga regulasi dan dukungan penganggaran pemeliharaan dan perawatan venue PON.

Selain melakukan renovasi venue, Pemerintah Provinsi Papua membangun venue baru untuk kesiapan PON XX.

Venue yang dibangun dengan anggarana ABPD Papua diantaranya lapangan tenis di kantor Walikota Jayapura, GOR GIDI, GOR Volly Indoor.

Lapangan Volly Pasir, Lapangan Tembak Indoor dan Outdoor, lapangan Baseball dan Softball, Gudang Peralatan Olahraga di Doyo Baru, pembangunan lapangan futsal di Mimika dan Stadion Lukas Enembe.

Dijelaskan, persiapan venue terbagi dalam tiga kategori. Pertama, persiapan venue permanen, venue yang harus direnovasi dan venue yang sifatnya sementara (temporary). “Kalau dari sisi persiapan venue memang sesuai dengan target sudah rampung, kecuali venue yang sifatnya sementara (temporary) akan mulai di bangun Januari 2021,”pungkasnya.

Artikel Terkait

Kementerian PUPR Siap Diserahkan Empat Venue PON ke Pemda Papua

Bams

Bulan Depan, Empat Venue APBN Diserahkan ke Provinsi Papua

Bams

Venue Futsal di Mimika yang Rusak Diperbaiki

Bams

4 Venue PON XX Dibangun Januari 2021

Bams

Pemprov Papua Gelar Pelatihan Tenaga Teknis Pengoprasional dan Perawatan Venue PON XX

Bams

Akses Jalan Masuk ke Venue Kriket dan Hoky PON XX Dipalang

Bams

Pansus PON XX DPR Papua Kunker ke Venue

Bams

Technical Delegate Cabor Air Pantau Lokasi Pertandingan PON XX

Bams

Gubernur Resmikan 9 Venue PON Senilai Rp 2 Triliun Lebih

Bams