Pasific Pos.com
Papua Barat

12.067 Keluarga di Manokwari Nikmati Program Rastra

Manokwari, TP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari melalui Dinas Sosial (Dinsos) melaunching program Beras Sejahtera (Rastra) di Kantor Distrik Manokwari Barat, Kamis (25/1/18).

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Manokwari, Muhammad Mansyur mengatakan, program rastra diluncurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) tahun 2018.

Jumlah keluarga penerima manfaat (PKM) program rastra di Kabupaten Manokwari sendiri sebanyak 12.067 keluarga.

“Sedangkan khusus PKM rastra di Distrik Manokwari Barat 2.670 keluarga,” sebut Mansyur dalam laporannya.

Program rastra, ungkap Mansyur bertujuan untuk mengurangi beban keluarga yang kurang mampu dan untuk meningkatkan akses masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok.

“Setiap keluarga mendapatkan 10 kg beras gratis tidak dipungut biaya saat pengantaran. Sasarannya program ini adalah keluarga yang kondisi sosialnya rendah agar bisa memberikan nutrsisi lebih seimbang,” jelas Mansyur.

Pelaksanaan program rastra turut melibatkan Perum Bulog Sub Divre Manokwari, karena beras yang diberikan kepada masyarakat adalah beras Bulog 10 Kg.

“Tugas Bulog hanya merawat dan menyalurkan beras ke semua distrik. Dan, untuk menjalankan ini butuh kordinasi yang intens setiap bulan. Kita harapkan penyaluran rastra ini sesuai dengan nama-nama yang ada di data,” terang Kepala Bulog Sub Divre Manokwari, M. Said.

Wakil Bupati Manokwari mengucap syukur karena masyarakat Manokwari telah mendapatkan bantuan rastra sebanyak 10 Kg.

“Rastra ini merupakan kelanjutan dari raskin. Bedanya, jika raskin beras per keluarga dihargai Rp 1600, maka rastra ini gratis,” jelas Budoyo.

Dikatakan Budoyo, beras merupakan pangan utama dan komoditas utama yang berpengaruh besar di daerah.

“Program beras sejahtera ini implementasi kebijakan perberasan nasional guna mendukung nawacita presiden. Ini sebagai perhatian dari pemerintah pusat hingga daerah agar bisa kurangi beban KPM,” ungkap Budoyo.

Mantan penjabat Bupati Manokwari Selatan ini berharap, penyaluran rastra bisa merata diseluruh distrik di Manokwari.[SDR-R3]