Pasific Pos.com
Kriminal

104 Orang Meninggal Akibat Laka lantas

JAYAPURA,- Korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Papua dalam kurun waktu 6 bulan, sejak Januari hingga Juni 2018 mencapai hingga 104 orang, sedangkan luka berat akibat kecelakaan mencapai 342 orang.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar dalam refleksi semester I tahun 2018 di Aula Rastasamara Mapolda Papua beberapa waktu lalu.

Kata Boy 104 orang yang meninggal dunia akibat kecelakaan lebih mendominan yakni pengendara sepeda motor dibandingkan dengan roda empat.

“Untuk kecelakaan lalu lintas tahun ini mencapai 558 kasus dan sebagain besar yang terlibat yakni pengendara roda dua dan faktor penyebabnya kebanyakan akibat pengaruh minuman keras,” tuturnya.

Lanjut Boy, dibandingan dengan tahun lalu angka kecelakaan lalu lintas lebih tinggi dibandingkan dengan tahun ini begitu juga dengan angka korban meninggal dunia.

“Tahun ini angka laka lantas capai 558 kasus dengan korban meninggal 104 orang, sedangkan tahun lalu laka lantas mecapai hingga 615 dengan korban meninggal dunia 131 dan dapat disimpulkan kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia mengalami peningkatan,” tuturnya.

Selain itu juga Jenderal Bintang Dua ini memaparkan di tahun 2018 angka pelanggaran lalu lintas mencapai hingga 10 pelanggaran baik roda dua maupaun roda empat, sedangkan yang mendapatkan tindakan tegas berupa tilang mencapai hingga 5 ribu pengendara.

“Kebanyakan pengendara roda dua yang ditilang lantaran tidak memiliki surat ijin berkendara serta tidak membawa surat kelengkapan saat digelarnya razia,” pungkasnya.

Dirinya pun mengihimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khusunya pengendara, baik roda dua maupun roda emapt agar selalu mentaati aturan lalu lintas demi keselamatan diri sendiri bahkan orang lain. Selain itu juga dirinya mengingatkan agar jangan sekali-kali mengendarai kendaraan dalam pengaruh minuman keras karena telah melanggar aturan lalu lintas dan dapat dipidana.