Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

10 Siswa SD di Kota Jayapura Raih Nilai Peringkat Terbaik USBN 2018

 

JAYAPURA – Sebagai kota pendidikan, Kota Jayapura terus meningkatkan layanan berkualitas dalam dunia pendidikan.

Tak hanya kualitas bangunan sekolah dan isinya, kualitas tenaga pengajar juga di dorong untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas.

Bertepatan dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar (SD) Tahun Ajaran 2017/2018, ada 10 siswa-siswi di Kota Jayapura mendapat peringkat 10 besar.

Dari daftar peringkat rata-rata nilai UN, siswa SD Kristen Kalam Kudus bertengger di posisi puncak, yaitu Angelina Tiffany Paruntung.

Rata-rata nilai yang berhasil dikumpulkan siwa yang sekolah di Jl. Ardipura Raya No.50, Ardipura, Distrik Jayapura Selatan itu ialah 291,7.

Posis kedua adalah Nur Aisyah Fakhirah dengan nilai rata-rata 289,6 dari SD Nurul Huda 2 Yapis.

Posisi ketiga adalah Jacquelin Vinicea Prasetio dengan nilai 288,5 dari SD YPPK Kristus Raja Dok V, Natasya Aurelia T Pramono 288,5 dari SD Kristen Kalam Kudus dan Christian Ompusungu dari SD YPPK Gembala Baik dengan nilai rata-rata 288,5.

Posisi keempat di isi oleh Alexandria Marcia Cahyani dari SD YPPK Gembala Baik 285, 6, posisi kelima ada Theofilio Izack Jo Manuhutu dari SD YPPH St. Petrus Argapura 285,4.

Kemudian posisi keenam ada Annisa Pritha Fabriaty dari SD Nurul Huda 2 Yapis dengan nilai 285,1, posisi ketujuh ada Eugenia Tifara Djiun dari SD YPPK Gembala Baik 283,5.

Lalu, di posisi delapan ada Fedro Marchelo Butar-Butar dari SD Negeri Entrop dengan nilai rata-rata 280,4.

Untuk peringkat sembilan ada Achmad Fajrial Firdaus dari SD Kartika VI-I Jayapura dengan nilai rata-rata 280,3, dan posisi sepuluh ada Kelvin Kuandi dari SD Kristen Kalam Kudus total nilai 279,7.

Sementara, untuk siswa yang meraih posisi pertama dari peringkat 10 besar dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) atas nama Muhammad Mukhlas Abrar dari Mi Negeri Koya Barat, jumlah total nilai rata-rata 282,6.

“Yang kami umumkan sementara ini 10 besar untuk nilai pilihan ganda. Untuk
mendapatkan nilai akhir, masih harus menunggu hasil dari provinsi,” kata Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Ellen Montolalu di kantor Wali Kota, Jumat (8/6/18).

“Kalau kami umumkan hasil 10 besar proses akhir, prosesnya panjang karena kami harus akumulasi nilai piliham ganda di tambah esai. Peserta USBN ada 4678 dari 97 sekolah di Kota Jayapura,” kata Ellen menambahkan.