Pasific Pos.com
Papua Barat

10 Kelompok Nelayan dan 30 Pembudidaya Ikan Dapat Bantuan

Manokwari, TP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari melalui Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Manokwari kembali menyerahkan bantuan tangkap ikan yang bersumber dari DAK dan Otsus 2017, Selasa (6/2).

Bantuan yang diberikan berdasarkan kategori, yakni 15 kelompok nelayan, 20 kelompok budiaya ikan Nila dan 10 kelompok budidaya ikan Lele.

Untuk kelompok nelayan mendapatkan bantuan berupa motor jonson 3 Gt dilengkapi dengan motor 15 PK serta perlengkapan keamanan lainnya.

Sedangkan untuk kelompok budidaya ikan Nila dan ikan Lele mendapatkan bantuan bibit ikan dan obat.

Plt Kepala Dinas PKP Kabupaten Manokwari, Albert Simatupang mengatakan, pembagian alat tangkap ikan dimaksud untuk meningkatkan kesejahtaraan kelompok nelayan dan budidaya ikan di Kabupaten Manokwari.

Menurut Simatupang, kesejahteraan nelayan dan budidaya ikan di Kabupaten Manokwari diukur dari hasil tangkapan maupun hasil panen.

“Untuk membangun kesejahteraan nelayan, Pemerintah Kabupaten Manokwari memberikan sarana dan prasarana yang memadai. Melalui keberpihakan kita kepada nelayan, kita yakin nelayan Manokwari juga bisa,” ujar Simatupang dalam laporannya kemarin.

Simatupang menekankan, setiap triwulan berjalan pihaknya akan mengevaluasi agar bantuan yang diberikan tidak dialih fungsikan.

“Banyak orang yang membutuhkan. Bila saat pengecekan di lapangan kedapatan maka ada sanksinya yaitu penarikan bantuan dan akan diserahkan pada yang lebih membutuhkan,” terang Simatupang.

Sementara, Bupati Manokwari Demas P. Mandacan, bantuan yang diberikan Pemkab Manokwari merupakan upaya pemerintah untuk mendorong peningkatan hasil perikanan kelompok nelayan dan budidaya ikan.

“Walaupun ada keterbatasan keuangan, namun pemerintah terus berupaya membantu pengembangan usaha perikanan. Kepada semua kelompok agar mengelola dan memanfaatkan bantuan untuk usahanya,” jelas Mandacan.

Pada kesempatan ini, Bupati Mandacan juga mendukung langkah Dinas PKP Kabupaten Manokwari yang akan melakukan evaluasi di lapangan terhadap bantuan yang diberikan.

“Saya ingatkan bantuan dipergunakan dengan baik dan jangan dipindahtangankan kepada kelompok lain,” tegas Mandacan. [SDR-R3]